Review Pemberitaan : Unusa masuk kedalam 59 PTN/S dan 16 PTS terbaik di Indonesia (versi Scimago Institutions Rankings 2023)


 Surabaya - Scimago Institutions Rankings (SIR) merupakan klasifikasi institusi akademis terkait penelitian yang diukur dengan indikator komposit serta visibilitas web. SIR dibentuk sejak 2009 telah menerbitkan peringkat internasional lembaga penelitian di seluruh dunia yaitu SIR World Report. Pada Tahun 2023 Scimago Institutions Rankings (SIR). Pada Tahun 2023, Scimago Institutions Rankings (SIR) telah merilis peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Pemeringkatan ini mencakup 59 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia. Penilaian kualitas perguruan tinggi/universitas didasarkan pada tiga aspek utama, yaitu riset, inovasi, dan dampak sosial, yang semuanya diambil dari informasi yang tersedia di laman website resmi masing-masing perguruan tinggi.

Menurut situs SIR, penilaian dilakukan setiap tahun berdasarkan hasil yang diperoleh selama periode lima tahun, yang berakhir dua tahun sebelum edisi pemeringkatan. SIR menggunakan statistik keseluruhan dari publikasi ilmiah dan output lembaga lainnya. Dalam penilaian tersebut, setiap indikator memiliki bobot yang berbeda. Riset memiliki bobot tertinggi, yaitu 50 persen, diikuti oleh inovasi (30 persen) dan dampak sosial (20 persen). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mendapatkan peringkat sebagai salah satu dari 59 universitas terbaik di Indonesia dalam edisi pemeringkatan yang dirilis pada 14 Agustus 2023. Unusa meraih peringkat keseluruhan sebesar 92nd Overall percentile, 71st Research percentile, 98th Innovation percentile, dan 87th Societal percentile. Dengan angka-angka tersebut, Unusa berada di peringkat ke-58 dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, peringkat ke-16 di antara perguruan tinggi swasta di Indonesia, dan peringkat ke-3 di antara perguruan tinggi swasta di Jawa Timur.



Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unusa, Achmad Syafiuddin, Ph.D, menyatakan bahwa Unusa terus berupaya untuk mencapai peringkat yang lebih baik dalam pemeringkatan. Dia mengapresiasi kontribusi dari Fakultas, Program Studi (Prodi), dosen, dan peneliti di Unusa yang terus mendorong penelitian berkualitas yang dapat diakui di tingkat internasional. Selain itu, Achmad Syafiuddin juga mengajak seluruh komunitas akademik di Unusa untuk meningkatkan kinerja penelitian dosen dan mahasiswa dengan menerbitkan karya ilmiah hasil penelitian, terutama di jurnal internasional bereputasi, serta menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Beliau juga menjelaskan bahwa Scimago Institutions Rankings (SIR) adalah peringkat institusi di seluruh dunia yang menggunakan data kinerja dari Scopus. Ini menunjukkan bahwa kinerja penelitian, publikasi, dan inovasi dari Unusa merupakan yang terbaik di Indonesia dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan dalam rencana strategis universitas.


Referensi : Unusa termasuk PTN/S terbaik di Indonesia

Lihat juga blog teman saya : Fazmayzaya Farahiya


facebook : https://www.facebook.com/unusaofficialfb

Instagram : https://www.instagram.com/unusa_official/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKMB FAKULTAS: RESUME MATERI

MY DIGITAL PORTOFOLIO XI DAY 2

MY DIGITAL PORTOFOLIO XIV DAY 2